Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taliban Pakistan Si Biang Keladi

Kompas.com - 02/07/2013, 19:40 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Lembaga statistik independen dalam rilis terbarunya menyebut Taliban Pakistan sebagai biang keladi serangan bom di Pakistan. Menurut warta AP pada Selasa (2/7/2013), data itu menunjukkan selama semester pertama 2013, ada 981 orang tewas dalam 163 serangan bom yang mematikan.

Data itu juga mengatakan kalau tudingan mengarah ke kelompok teroris Taliban Pakistan yang berada di belakang alias biang keladi serangan bom itu. Dari 163 serangan bom itu, 26 di antaranya adalah serangan bom bunuh diri.


Tak cuma itu, data tersebut juga menunjukkan kelompok teroris seperti Taliban Pakistan menggunakan serangan bom bunuh diri sebagai bentuk perlawanan. Bom bunuh diri juga merupakan bentuk dominasi Taliban Pakistan atas lawan-lawannya.

Sementara itu, kawasan Khyber Pakhtunkhwa adalah kawasan yang paling sering menjadi tempat serangan bom. Dari jumlah 163 serangan bom itu, 58 di antaranya terjadi di Khyber Pakhtunkhwa.

Lokasi serangan bom acap terjadi di perbatasan antara Pakistan dan Afganistan selama jangka waktu itu. Di perbatasan tersebut terjadi 43 kali serangan bom. Berikutnya, juga di perbatasan, serangan bom terjadi 32 kali di Baluchistan. Kemudian, di Provinsi Sindh, serangan bom terjadi 30 kali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com