Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama Saksikan Bola Penghasil Listrik di Tanzania

Kompas.com - 02/07/2013, 19:14 WIB


DAR ES SALAAM, KOMPAS.com —
Presiden Obama saat berkunjung ke Tanzania menyaksikan soccket ball, bola dengan generator yang dapat menghasilkan listrik bila digerakkan selama 30 menit.

Dalam kunjungan ke pembangkit listrik Ubungo di Dar es Salaam, Selasa (2/7/2013), Obama—yang didampingi Presiden Tanzania Jakaya Kikwete—sempat menendang dan menyundul bola yang dapat menjadi sumber energi lampu LED.

Lampu dengan mekanisme pendulum yang menciptakan energi kinetik ini dapat menyalakan lampu LED selama tiga jam setelah bola digerakkan 30 menit.

"Kita akan membagikan bola ini di seluruh Afrika," kata Obama di pembangkit Ubungo, yang dibangun dengan bantuan Amerika.

"Ada mekanisme di dalam bola ini sehingga energi kinetik yang tercipta saat bola ditendang dapat menciptakan baterai," kata Obama.

Soccket ball diciptakan oleh dua lulusan Universitas Harvard, Amerika Serikat.

Bola ini juga sempat disinggung mantan Presiden Bill Clinton sebagai alat yang dapat membantu penerangan di kawasan pedesaan di negara-negara yang belum berkembang.

Perwakilan dagang Amerika Serikat, Michael Froman, dan Wakil Penasihat Keamanan Benjamin Rhodes mengatakan, mereka telah mencoba bermain dengan bola itu sebelum Obama ikut menendang.

"Anak-anak bermain bola sepanjang hari. Mereka membawa bola ke rumah dan dapat digunakan untuk menyalakan lampu," kata Froman.

"Dengan begitu mereka dapat membaca pada malam hari atau mereka dapat mengisi baterai telepon seluler," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com