Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Snowden Ajukan Suaka ke Norwegia

Kompas.com - 02/07/2013, 15:52 WIB
OSLO, KOMPAS.COM — Edward Snowden, mantan staf intelijen AS, telah mengajukan suaka politik ke Norwegia, kata Kementerian Luar Negeri Norwegia, Selasa (2/7/2013).

Saat ditanya apakah Snowden telah mengajukan permohonan suaka ke negara Nordik itu, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Norwegia, Frode Andersen, mengatakan, "Saya dapat mengonfirmasikan bahwa kami telah menerima permohonan suaka melalui faks ke kedutaan kami di Moskwa kemarin sore."

"Itu mungkin dari dia dan itu diduga ditandatangani dirinya, tetapi kami tidak memiliki cara untuk memeriksa hal itu," katanya.

Andersen menolak memberikan rincian tentang isi surat itu atau dari mana faks itu dikirim ke kedutaan.

Snowden telah menjadi buronan Pemerintah AS sejak mengungkapkan pemantauan skala besar AS terhadap internet dan alat komunikasi lainnya, termasuk terhadap para sekutunya, yaitu Pemerintah Jerman, Italia dan Perancis.

Dalam sebuah pernyataan terpisah di situs WikiLeaks yang di-posting semalam, Snowden juga menuduh Washington menekan para pemimpin sejumlah negara untuk menolak dirinya berlindung saat dia mencari suaka di 21 negara, termasuk Rusia.

"Ini semua adalah alat agresi politik lama dan buruk," kata Snowden dalam pernyataan itu. "Tujuan mereka adalah untuk menakut-nakuti, bukan saya, tapi orang-orang yang mau mengikuti saya."

"Tanpa perintah pengadilan, Pemerintah AS sekarang berusaha untuk menghentikan saya memperoleh hak dasar. Sebuah hak yang dimiliki setiap orang. Hak untuk mencari suaka," kata Snowden.

Snowden saat ini bersembunyi di Bandara Sheremetyevo di Moskwa, dan dia memecah kebisuannya selama 10 hari dengan pernyataan di WikiLeaks itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com