Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar Eropa dan AS Masih Menjanjikan

Kompas.com - 01/07/2013, 21:22 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com -Meski krisis di Eropa dan AS masih terasa, tanda-tanda kebangkitan juga mulai kelihatan. Makanya, sampai dengan akhir tahun ini, pasar Eropa dan AS masih terbilang menjanjikan.


Sementara, pada sisi lain, Indonesia juga tengah gencar mempromosikan produk-produknya ke berbagai belahan dunia. Sebagaimana Presiden Direktur PT Sido Muncul Irwan Hidayat mengatakan pada Senin (1/7/2013), pihaknya juga bakal mempertinggi ekspor produk-produk jamu ke pasar AS dan Eropa. "Ekspor kami ke pasar tersebut baru lima persen,"katanya di Bursa Efek Indonesia (BEI) sembari menegaskan kalau perusahaan jamu yang kini berbasis Kabupaten Semarang, Jawa Tengah ini memastikan melakukan penawaran umum perdana saham atau IPO pada tahun ini.

Menurut catatan Irwan, pihaknya beberapa waktu silam membuat produk iklan yang menunjukkan negara-negara Eropa sebagai basis ekspor. "Produk kami sudah ada di Jerman dan Inggris, misalnya,"kata Irwan Hidayat.

Lebih lanjut, Irwan menambahkan di kawasan Asia, ekspor produk-produk Sido Muncul sudah ada di Malaysia, Arab Saudi, dan Hongkong. "Kami menyasar negara-negara yang juga memanfaatkan produk herbal,"kata Irwan Hidayat lagi.

Sementara, terang Irwan, dana IPO bakal dimanfaatkan untuk ekspansi usaha. Utamanya, penambahan pabrik. "Dengan cara ini, kami bisa menambah produksi hingga dua kali lipat,"demikian Irwan Hidayat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com