Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kroasia Siap Bantu Balkan

Kompas.com - 01/07/2013, 19:57 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Usai resmi menjadi negara ke-28 anggota Uni Eropa (UE), Kroasia mengatakan siap membantu negara-negara Balkan ikut menjadi anggota organisasi tersebut. "Kroasia siap membantu,"kata Presiden Kroasia Ivo Josipovic di Zagreb saat bertemu dengan para pemimpin negara-negara Balkan.
Uni Eropa Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia, Julian Wilson (kiri) dan Duta Besar Kroasia untuk Indonesia, Zeljko Cimbur (kanan) meletakkan bendera Kroasia berdampingan dengan bendera 27 negara anggota UE lainnya.

Menurut warta AP pada Senin (1/7/2013), Kroasia adalah negara kedua pecahan Yugoslavia yang menjadi anggota EU. Negara pertama bekas Yugoslavia yang masuk menjadi anggota UE adalah Slovenia.

Presiden Josipovic mengatakan penting bagi negara-negara Balkan untuk memperkuat kerja sama regional. "Kami optimistik akan masa depan kawasan ini,"katanya.

Catatan Josipovic menunjukkan ada tiga hal penting demi memajukan negara-negara Balkan. Pertama, perluasan proses keanggotaan di UE. Kedua, pembangunan proyek-proyek di kawasan. Terakhir, mencari pemecahan problem untuk isu-isu regional.

Selain Kroasia dan Slovenia, negara-negara yang acap disebut sebagai negara-negara Balkan antara lain Bulgaria, Bosnia-Herzegovina, Albania, Makedonia, Serbia, dan Montenegro.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com