Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anjurkan Unjuk Rasa lewat Facebook, 7 Aktivis Saudi Dipenjara

Kompas.com - 01/07/2013, 15:18 WIB


RIYADH, KOMPAS.com
 — Sebuah pengadilan di Arab Saudi, Senin (1/7/2013), menjatuhkan hukuman penjara selama lima hingga sepuluh tahun bagi tujuh aktivis internet karena dinilai menganjurkan aksi protes, menggunakan Facebook.

Menurut laporan lembaga hak asasi manusia yang berbasis di New York, Human Rights Watch (HRW), para aktivis ini ditahan pada September tahun lalu dan persidangan kasus mereka dimulai pada April.

Mereka didakwa dengan tuduhan menyebar pesan di internet untuk mendorong protes, meskipun mereka tidak secara langsung dituduh mengambil bagian dalam demonstrasi.

Hukuman terberat, selama 10 tahun, diberikan kepada seorang aktivis yang mendirikan dua grup Facebook yang diduga menjelaskan teknik protes terbaik.

HRW mengatakan, semua terdakwa mengakui kontribusi mereka ke halaman Facebook yang mendukung ulama Syiah terkemuka, Tawfiq al-Amer.

Penangkapan Tawfiq al-Amer memicu unjuk rasa anti-pemerintah, terinspirasi oleh gelombang pemberontakan populer di kawasan regional itu.

Beberapa terdakwa mengatakan mereka telah disiksa agar menandatangani pengakuan, demikian menurut HRW.

"Memenjarakan orang karena menulis pesan di Facebook menunjukkan bahwa tidak ada cara yang aman untuk berbicara dengan bebas di Arab Saudi, bahkan pada jaringan sosial dunia maya sekalipun," kata Joe Stork, Wakil Direktur HRW untuk Timur Tengah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com