Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Afsel dan AS Perluas Perdagangan

Kompas.com - 29/06/2013, 20:49 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Afrika Selatan (Afsel) dan Amerika Serikat (AS) perlu memperluas perdagangan bilateral. Presiden Afsel Jacob Zuma di Pretoria mengemukakan hal itu usai melakukan pembicaraan dengan tamunya, Presiden AS Barack Obama, sebagaimana warta AP pada Sabtu (29/6/2013).

Dalam pembicaraan dengan Obama, Zuma mengatakan kalau Afsel tengah berkembang menjadi negara dengan iklim investasi menjanjikan. Apalagi, Afsel tergabung dalam negara-negara baru dengan pertumbuhan ekonomi di atas 6 persen bersama Rusia, China, Brasil, dan India.

Kepada Obama, Zuma memberi catatan kalau sampai kini ada 600 perusahaan asal Negeri Uwak Sam yang berinvestasi di Afsel. Jumlah itu menyumbang 150.000 lapangan pekerjaan. "AS adalah pasar ekspor terbesar Afsel,"kata Zuma.

Catatan menunjukkan ekspor Afsel ke AS hingga tahun ini mencapai 7 miliar dollar AS. "Kami ingin meningkatkan ekspor ke AS,"kata Zuma.

Obama datang ke Afsel sejak Jumat pagi untuk kunjungan resmi tiga hari. Selain Afsel, Obama bertandang ke Senegal dan Tanzania.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com