Jumat, 18 April 2014

News / Internasional

Korban Tewas Banjir India 10.000 Orang

Sabtu, 29 Juni 2013 | 20:05 WIB
STRDEL / AFP Kuil Kedarnath terlihat mengalami kerusakan setelah dihantam banjir yang melanda negara bagian Uttarakhand, India.
KOMPAS.com - Korban tewas banjir di Negara Bagian Uttarakhand, India mencapai 10.000 orang. Data dari dewan perwakilan rakyat setempat ini mengemuka dalam warta AP pada Sabtu (29/6/2013). Banjir lantaran hujan deras berkepanjangan terjadi sejak dua minggu silam.

Lantaran air bah itu, longsor terjadi di berbagai kota di negara bagian tersebut. Timbunan tanah juga menutupi banyak jalan raya.


Juru Bicara Dewan Perwakilan Rakyat Uttarakhand Govind Singh Kunjwal mengatakan pihaknya mengumpulkan banyak informasi dari wilayah-wilayah terlanda banjir. Angka ini berbeda dengan pernyataan pemerintah lokal yang mengatakan kalau korban tewas mencapai seribu orang.

Sementara itu, pemerintah setempat mengatakan pertolongan masih terus berlangsung. Setidaknya, ada 4.000 orang yang masih terjebak banjir.

Kepala Staf Angkatan Bersenjata India Jenderal Bikram Singh mengatakan kemarin, pihaknya mengerahkan tentara untuk membantu para korban yang terjebak banjir. "Tentara tetap akan bertugas hingga banjir surut,"katanya.

Uttarakhand terlanda banjir sejak 16 Juni silam. Hujan lebat tahun ini terbilang paling besar ketimbang 60 tahun silam.


Penulis: Josephus Primus
Editor : Josephus Primus