Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kondisi Kesehatan Mandela Dikabarkan Semakin Membaik

Kompas.com - 28/06/2013, 22:08 WIB

SOWETO, KOMPAS.com — Mantan istri Nelson Mandela, Winnie Madikizela-Mandela, Jumat (28/6/2013), mengatakan, kondisi pejuang anti-apartheid itu menunjukkan kemajuan signifikan.

"Dibandingkan kondisinya beberapa hari lalu, ada perkembangan signifikan. Namun, secara klinis dia masih 'belum sehat'," kata Winnie kepada wartawan di dekat rumah yang pernah didiami keduanya di Soweto, Afrika Selatan.

Nelson Mandela dilarikan ke sebuah rumah sakit di Pretoria setelah infeksi paru-paru yang sudah lama diidapnya kambuh.

Kondisi pria berusia 94 tahun itu sempat memburuk dan harus menggunakan alat bantu pernapasan. Namun, beberapa hari lalu, Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma menyatakan kondisi Madiba—nama tradisional Mandela—membaik.

Kabar membaiknya kondisi kesehatan Mandela ini bertepatan dengan kunjungan Presiden Amerika Serikat Barack Obama ke Afrika Selatan.

Kunjungan ke Afrika Selatan ini adalah bagian dari tur Afrika Barack Obama. Sebelumnya, Obama sudah mengunjungi Senegal, lalu Afrika Selatan, dan diakhiri dengan kunjungan ke Tanzania.

Dalam kunjungannya ke Afrika Selatan, Obama dijadwalkan mengunjungi Pulau Robben di lepas pantai Cape Town, salah satu penjara yang pernah dihuni Nelson Mandela.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Sumber
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com