Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seorang Pejabat Bank Vatikan Ditahan Terkait Skandal

Kompas.com - 28/06/2013, 16:57 WIB

VATICAN CITY, KOMPAS.com — Seorang pejabat senior Vatikan ditahan terkait penyelidikan skandal yang melanda Bank Vatikan. Demikian media massa Italia mengabarkan, Jumat (28/6/2013).

Situs resmi harian Corriere della Sera mengabarkan, orang yang ditahan itu adalah Monsignor   Nunzio Scarano, seorang akuntan senior di administrasi keuangan Vatikan. Dia bertugas di Salerno di wilayah selatan Italia.

Menurut harian La Republica, Scarano juga diselidiki jaksa wilayah Salerno dengan dugaan pencucian uang.

Pada Kamis (27/6/2013), Scarano sudah dinonaktifkan dari jabatannya sebagai anggota bagian administrasi yang mengelola aset-aset milik Vatikan.

Media juga melaporkan, seorang anggota dinas rahasia Italia dan seorang ahli keuangan juga ditahan terkait kasus yang sama.

Sementara itu, kantor berita Italia ANSA melaporkan, ketiga orang itu diduga terlibat dengan pemindahan uang sebesar 26 juta dollar AS secara ilegal dari Swiss ke Italia.

Sebelumnya, Paus Fransiskus sudah membentuk komisi penyelidik untuk mengevaluasi kinerja bank Vatikan yang kerap dituding terlibat pencucian uang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com