Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengebom Bunuh Diri Serang Badan Amal di Damaskus

Kompas.com - 28/06/2013, 11:22 WIB
DAMASKUS, KOMPAS.com — Seorang pria meledakkan dirinya di sebuah badan amal di ibu kota Suriah, Damaskus, Kamis (27/6/2013). Aksi itu menyebabkan sejumlah orang tewas dan cedera. Demikian kata kelompok-kelompok aktivis oposisi dan media pemerintah.

Setidaknya empat orang tewas dan delapan orang lainnya luka-luka di lingkungan Touma Bab. Demikian lapor kantor berita Syrian Arab News Agency yang dikelola negara. Pengebom bunuh diri itu meledakkan dirinya di antara orang-orang yang sedang mendapatkan pelayanan medis di lembaga amal, Dar al-Ihsan. Demikian kata lembaga itu.

Tempat itu terletak di dekat Katedral Mariamite yang terkenal di Damaskus, yang merupakan salah satu gereja ortodoks Yunani tertua di ibu kota itu dan pusat gereja ortodoks Yunani Antiokhia.

Orang-orang Kristen merupakan salah satu kelompok yang menjadi korban dalam perang saudara di negara itu, di mana oposisi yang didominasi golongan Islam Sunni sedang berusaha mengambil alih pemerintahan yang didominasi oleh kaum Islam Alawi.

Menurut data PBB, sejak konflik Suriah pecah pada Maret 2011 dan kemudian berkembang menjadi perang saudara, pertempuran itu telah menyebabkan lebih dari 90.000 orang tewas. Sementara menurut Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia, sebuah kelompok oposisi, korban tewas telah lebih dari 100.000 orang. Kekerasan itu telah menyebabkan dislokasi yang luas dan kerusuhan telah menyebar ke negara-negara tetangga, seperti Lebanon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com