Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama: Saya Tak Akan Kerahkan AU untuk Mengejar Snowden

Kompas.com - 27/06/2013, 20:46 WIB

DAKAR, KOMPAS.com — Presiden Amerika Serikat Barack Obama, Kamis (27/6/2013), mengatakan, dia tidak akan mengerahkan angkatan udara AS untuk mencegat setiap pesawat terbang yang diduga membawa buronan Edward Snowden.

"Tidak. Saya tidak akan mengerahkan angkatan udara hanya untuk menangkap peretas itu," kata Obama dalam konferensi pers di Dakar, Senegal.

Komentar Obama ini dikeluarkan di sela-sela kunjungannya ke Senegal dan pada saat Snowden diduga kuat masih berada di Rusia, terjebak di zona transit Bandara Sheremetyevo, Moskwa.

Snowden tampaknya tidak bisa melanjutkan perjalanannya ke Ekuador yang kemungkinan akan memberikan dia suaka karena Pemerintah AS sudah membatalkan paspor Snowden.

Lebih jauh Obama, yang sudah dipermalukan China dan Rusia yang menolak menyerahkan Snowden, menegaskan, hal paling merusak untuk AS dalam kasus ini bukanlah soal dipermalukan di kancah internasional.

Hal paling penting dalam kasus ini, lanjut Obama, bocornya informasi penting dari program-program spionase terpenting AS.

Obama juga menegaskan, kasus ini tidak akan merusak hubungan antara Amerika Serikat dengan China dan Rusia meski kedua negara itu enggan menyerahkan Snowden ke aparat AS.

Pemerintah AS, lanjut Obama, menggunakan semua saluran hukum yang dimungkinkan dalam upaya mendapatkan kembali Edward Snowden.

"Hubungan AS dengan China dan Rusia sangat luas dan meliputi banyak isu. Saya tidak akan melakukan perjanjian apa pun dengan China dan Rusia hanya untuk satu kasus ekstradisi," Obama menegaskan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Sumber
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com