Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dibantu Hezbollah, Pasukan Suriah Rebut Kota Tal Kalakh

Kompas.com - 27/06/2013, 15:44 WIB

DAMASKUS, KOMPAS.com — Angkatan Darat Suriah yang didukung Hezbollah mengumumkan keberhasilan mereka menguasai kota Tal Kalakh di Provinsi Homs. Demikian dilaporkan Al Arabiya, Rabu (26/6/2013) malam.

Kota Tal Kalakh yang terletak tiga kilometer dari perbatasan dengan Lebanon itu, merupakan kota kedua yang berhasil direbut pasukan rezim Suriah setelah kota Qusayr.

Pada awal Juni, pasukan rezim Suriah berhasil merebut kota strategis Qusayr, yang juga terletak di dekat perbatasan dengan Lebanon, dari tangan pemberontak.

Sementara itu, situs internet pasukan pro-rezim Suriah menyebarkan video yang menampilkan para prajurit Suriah berpatroli di jalanan kota mengendarai kendaraan lapis baja dengan sebagian lainnya berjalan kaki.

"Kelompok-kelompok teroris menyusup dan meneror warga lokal," kata seorang perwira Suriah dalam video yang dikutip Reuters.

"Sebagai respons atas permintaan warga, angkatan darat memasuki kota Tal Kalakh untuk membersihkan kota ini dan memulihkan keamanan," lanjut perwira itu.

Di masa-masa awal perang, seperti halnya kota Qusayr, Tal Kalakh juga digunakan pemberontak sebagai titik penyelundupan senjata dan perekrutan pejuang baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Al Arabiya
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com