Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Pendukung Setia Gillard Beralih kepada Rudd?

Kompas.com - 27/06/2013, 13:21 WIB
Salah satu menteri senior dan sahabat mantan perdana menteri Julia Gillard, Penny Wong, menjelaskan alasannya mendukung Kevin Rudd dalam pemilihan pemimpin Partai Buruh tadi malam.

Kata Penny Wong, itu merupakan keputusan tersulit yang pernah diambilnya selama berkarier di dunia politik. Senator Wong adalah teman pribadi Julia Gillard dan telah menjadi pendukung setianya sejak ia menjadi perdana menteri.

Ia memutuskan Kevin Rudd adalah kesempatan terbaik Partai Buruh untuk memenangkan pemilu mendatang.

"Pada akhirnya saya harus mempertimbangkan kesetiaan saya secara pribadi, kepada Partai Buruh, dan masyarakat yang kami wakili," katanya. "Saya harus memutuskan siapa yang saya anggap mampu memenangkan pemilu mendatang melawan (pemimpin Oposisi) Tony Abbott, orang yang saya percaya tidak layak menjadi perdana menteri negara ini."

"Selama seminggu saya mempertimbangkan masak-masak keputusan saya. Kemarin saya mengambil keputusan untuk tidak lagi mendukung Perdana Menteri Gillard. Saya bertemu dengannya untuk memberitahukan keputusan itu, yang merupakan keputusan tersulit yang pernah saya ambil dalam karier politik saya."

Senator Wong mengatakan bahwa ia tidak pernah berdiskusi dengan Kevin Rudd sebelum terjadinya pemungutan suara pemilihan Partai Buruh semalam, dan menambahkan, perubahan pandangan Rudd mengenai isu perkawinan sesama jenis tidak menjadi bahan pertimbangannya mendukung Rudd.

"Saya tidak pernah berbicara dengan Kevin Rudd, dan tidak pernah saya memberikan sinyal siapa yang akan saya dukung sebelum saya berbicara dengan (Julia Gillard)."

Senator asal Australia Selatan itu mengatakan Gillard "menunjukkan martabat dan kelasnya" dalam pertemuan pribadi mereka, dan pidato pengunduran dirinya.

Senator Wong juga memuji kinerja mantan bendahara negara Wayne Swan, yang ia katakan telah "mengemudikan perekonomian Australia melewati badai (krisis finansial global)".

Menteri Keuangan itu juga mengatakan ia akan bekerja di bawah Kevin Rudd dalam kapasitas apa pun, tapi ia mengantisipasi bahwa jabatannya akan tetap sama.

Ia juga meminta anggota Partai Buruh untuk bersatu mendukung Kevin Rudd sebagai penantang utama pemimpin oposisi Tony Abbott.

"Tony Abbott tidak layak memimpin negara ini. Ia memiliki pandangan yang tidak konsisten dengan Australia yang modern," katanya. "Saya tidak percaya ia mempunyai pengertian yang mendalam mengenai prinsip-prinsip keadilan, yang penting bagi rakyat Australia. Itulah tugas kami, untuk berdiri dan berjuang bagi semua kebijakan dan prinsip tersebut, yang juga merupakan prinsip mendasar Partai Buruh."

Penny Wong telah dipilih dalam pemungutan Partai Buruh sebagai Ketua Senat. Senator Wong adalah wanita berdarah Asia pertama yang menjadi Menteri Federal Australia. Ia juga menteri pertama yang secara terbuka mengaku gay.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com