Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

British Airways Izinkan Penggunaan Ponsel di Pesawat

Kompas.com - 27/06/2013, 12:01 WIB
LONDON, KOMPAS.COM — British Airways (BA) akan menjadi maskapai Eropa pertama yang mengizinkan penumpang mengaktifkan telepon seluler dan perangkat lainnya setelah mendarat. Mulai 1 Juli, setelah pesawat keluar dari landas pacu, penumpang dapat menghidupkan kembali perangkat elektronik mereka dan tidak perlu menunggu hingga pesawat berhenti.

Otoritas Penerbangan Sipil (CAA) mengatakan, tindakan itu tidak berdampak pada keamanan.

Maskapai dari negara-negara lain telah mengizinkan peraturan serupa selama beberapa waktu.

Penumpang selama ini dilarang menggunakan perangkat elektronik di pesawat karena khawatir dapat mengganggu kerja sistem elektronik pesawat saat lepas landas dan mendarat.

Peraturan baru BA akan mengizinkan ponsel dan alat lainnya diaktifkan begitu pesawat meninggalkan landas pacu.

"Penumpang tidak akan lagi mengalami frustrasi karena harus menunggu pesawat mereka tiba di gedung terminal sebelum bisa menggunakan telepon seluler dan perangkat elektronik lainnya," kata Ian Pringle, Manajer Pelatihan Penerbangan BA.

"Kini mereka akan memiliki waktu ekstra untuk menelepon menjelang rapat bisnis penting, memeriksa e-mail, atau memastikan ada yang menjemput mereka di bandara."

Peraturan itu tidak akan mengubah peraturan saat lepas landas, di mana perangkat elektronik harus dimatikan hingga pesawat mencapai ketinggian 10.000 kaki (3.050 m).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com