Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Demonstrasi Oposisi, Militer Mesir Siagakan Tentara

Kompas.com - 27/06/2013, 09:22 WIB
KAIRO, KOMPAS.com — Militer Mesir hari Rabu (27/6/2013) mengatakan telah mengirim tentara ke beberapa pangkalan di dekat kota-kota utama Mesir menjelang demonstrasi hari Minggu, yang direncanakan oleh kelompok oposisi untuk memaksa pengunduran diri Presiden Muhammad Mursi.

Bentrokan antara pendukung dan penentang Presiden Muhammad Mursi terjadi hari Rabu, yang menewaskan sedikitnya satu orang.

Penempatan tentara itu memicu spekulasi atas peran tentara dalam krisis itu. Kantor kepresidenan mengatakan, militer telah berkoordinasi dengan pemerintahan Mursi menjelang demonstrasi itu, tetapi para aktivis mengatakan mereka kini mengharapkan perlindungan dari pihak militer untuk menghadapi pendukung pemerintah yang berhaluan keras.

Beberapa kelompok Islamis menuduh para aktivis membuka jalan terjadinya kudeta, tuduhan yang dibantah keras oleh kelompok oposisi. Beberapa pejabat keamanan Mesir mengatakan, pengeluaran tentara itu dibatasi di pinggiran kota-kota besar dan di dalam fasilitas militer yang ada.

Di Kairo—yang menjadi pusat demonstrasi hari Minggu nanti—pasukan tambahan ditempatkan di pangkalan-pangkalan utama di timur dan barat kota yang berpenduduk 18 juta jiwa itu.

Sementara itu, Presiden Mesir Muhammad Mursi mengatakan, konflik politik dan polarisasi mengancam kerentanan demokrasi Mesir. Presiden Mursi berpidato melalui televisi hari Rabu (26/6/2013) menjelang demonstrasi hari Minggu mendatang untuk memaksanya mundur. Muncul kekhawatiran demonstrasi itu bisa berubah menjadi aksi kekerasan.

Presiden Mursi mengatakan, stabilitas dan keamanan Mesir dipertaruhkan dan perpecahan seperti itu akan melumpuhkan Mesir.

Kelompok-kelompok oposisi menuntut pengunduran diri Muhammad Mursi, beberapa di antaranya frustrasi dengan gaya kepemimpinan Islamisnya. Sementara warga Mesir lainnya mengatakan mereka marah dengan penurunan kualitas hidup dan melambungnya harga-harga pada masa pemerintahan Mursi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com