Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kevin Rudd Kembali Dilantik sebagai PM Australia

Kompas.com - 27/06/2013, 08:42 WIB
SYDNEY, KOMPAS.com — Kevin Rudd kembali dilantik sebagai Perdana Menteri Australia, Kamis (27/6/2013), hampir tiga tahun sejak dia dengan kejam didepak dari jabatan tertinggi itu oleh Julia Gillard saat Partai Buruh berjuang untuk bisa meraih kemenangan dalam pemilu.

Rudd (55 tahun) kembali secara dramatis setelah menang dalam pemilihan Ketua Partai Buruh hari Rabu. Gillard, perdana menteri perempuan pertama negara itu, tersingkir dalam pemilihan tersebut dan mengumumkan untuk pensiun dari politik.

Gillard, yang melengserkan Rudd tahun 2010 dengan skenario yang sama, memutuskan untuk menggelar pemilihan ketua partai di tengah kabar bahwa Rudd sedang menggalang dukungan untuk menentangnya. Keputusan menggelar pemilihan ketua ini juga dilakukan akibat buruknya hasil survei terhadap elektabilitas Partai Buruh menjelang pemilu September mendatang.

Naiknya Rudd menandai perubahan yang menakjubkan bagi mantan Perdana Menteri itu yang kini akan memimpin Partai Buruh untuk pemilu yang dijadwalkan pada 14 September. Sejauh ini, berdasarkan jajak pendapat, pemimpin oposisi Tony Abbott akan menang telak.

Enam menteri kunci di bawah PM Gillard langsung mengundurkan diri begitu Gillard terguling, termasuk pendukungnya yang paling setia, Menteri Keuangan dan Wakil Ketua Partai Buruh Wayne Swan. Hari Kamis, Menteri Transportasi pada pemerintahan Gillard, Anthony Albanese, dilantik sebagai wakil Rudd oleh Gubernur Jenderal Quentin Bryce, sementara mantan Menteri Imigrasi Chris Bowen diangkat sebagai Menteri Keuangan.

Popularitas Partai Buruh merosot di bawah Gillard. Namun, Rudd, yang mengakhiri satu dekade pemerintahan konservatif dengan kemenangan telak pada pemilu 2007, tetap populer di kalangan pemilih dan elevasinya diharapkan dapat memberikan dorongan yang signifikan untuk Partai Buruh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com