Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paman Bashar al-Assad Jual "Murah" Rumah Mewahnya di Paris

Kompas.com - 26/06/2013, 20:59 WIB

PARIS, KOMPAS.com — Khawatir rumah mewahnya disita polisi, seorang paman dari Presiden Suriah Bashar al-Assad dikabarkan menjual rumah mewah itu jauh di bawah harga pasaran.

Rumah mewah milik Rifaat al-Assad itu sebenarnya berharga 100 juta euro atau sekitar Rp 1,2 triliun. Namun, oleh pemiliknya, rumah tersebut dijual dengan harga "hanya" 70 juta euro atau sekitar Rp 905 miliar. Demikian dilaporkan harian The Telegraph.

Rumah berlantai tujuh itu berlokasi di dekat kawasan mewah Paris, di dekat Arc de Triomphe. Pembeli rumah ini diduga kuat adalah seorang miliarder Rusia.

"Properti dengan luas lebih dari 1.000 meter persegi itu memiliki kolam renang bawah tanah dan ruang olahraga. Di masa lalu rumah ini ditawarkan dengan harga 100 juta euro," demikian laporan The Telegraph.

"Namun, tiga pekan lalu sang pemilik memangkas harga rumah itu dan menerima tawaran 70 juta euro," lanjut The Telegraph.

Rifaat al-Assad, mantan Wakil Presiden Suriah, juga memiliki sejumlah properti di Paris dan beberapa kota lain di luar negeri. Salah satu propertinya itu termasuk sebuah rumah mewah berharga 10 juta poundsterling di London, Inggris.

Rifat tinggal di pengasingan sejak 1983 setelah gagal menjungkalkan pemimpin Suriah saat itu, Hafez al-Assad.

Apa sebenarnya alasan Rifat al-Assad menjual murah rumah mewahnya? Ternyata, perang Suriah membuat media dan Pemerintah Perancis tertarik dengan aset-aset Rifat di negeri itu.

Terlebih lagi, Uni Eropa saat ini sedang mengincar 181 warga Suriah terkait program sanksi terhadap rezim Bashar al-Assad. Padahal, nama Rifat sebenarnya tak masuk dalam daftar incaran Uni Eropa.

Pada Februari 1982, Rifat memimpin sebuah serangan militer di kota Hama untuk menumpas pemberontakan Ikhwanul Muslimin.

Dalam operasi militer itu diperkirakan jatuh korban antara 10.000 dan 25.000 warga kota. Akibatnya, Rifat mendapat gelar "Jagal dari Hama".

Rifaat al-Assad saat ini dikabarkan lebih banyak menghabiskan waktunya di London, Inggris. Selain itu, dia memiliki sejumlah properti di Spanyol dan Perancis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Al Arabiya
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com