Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Putin: Edward Snowden Masih di Bandara Moskwa

Kompas.com - 25/06/2013, 22:37 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com - Presiden Rusia Vladimir Putin, Selasa (25/6/2013), mengatakan, buronan paling diinginkan AS saat ini, Edward Snowden, masih berada di zona transit di bandara Moskwa dan semakin cepat Snowden menentukan pilihan tujuannya akan semakin baik.

"Dia (Snowden) masih berada di zona transit penumpang dan dia masih di sana saat ini," kata Putin dalam sebuah jumpa pers di Finlandia.

"Tuan Snowden adalah orang bebas. Semakin cepat dia menentukan tujuan selanjutnya, maka akan semakin baik bagi kami dan dirinya," tambah Putin.

"Dia datang sebagai penumpang transit, sehingga dia tidak membutuhkan visa atau dokumen apapun. Sebagai seorang penumpang transit dia berhak membeli tiket dan pergi kemanapun dia suka," lanjut Putin.

Lebih jauh Putin menegaskan, keberadaan Snowden di bandara Moskwa sama sekali tidak melanggar undang-undang Rusia.

"Dia tidak melintasi perbatasan negara. Sehingga dia tidak membutuhkan visa," Putin menegaskan.

Dalam kesempatan itu Putin kembali mengingatkan bahwa Amerika Serikat dan Rusia tidak memiliki perjanjian ekstradisi. Pernyataan Putin ini semakin menegaskan penolakan Rusia untuk menyerahkan Snowden ke tangan aparat AS.

"Terkait penyerahan Snowden, kami hanya bisa menyerahkan seseorang ke negara di mana kami memiliki perjanjian internasional terkait penyerahan kriminal," ujar Putin.

"Dan kami tak memiliki perjanjian semacam itu dengan Amerika Serikat," tukas mantan agen KGB itu.

Putin menggambarkan, kedatangan Snowden di Moskwa sama sekali tak diduga dan dia membantah semua tudingan yang menyatakan Rusia membantu perjalanan Snowden.

"Semua tuduhan terhadap Rusia terkait perjalanan Snowden adalah omong kosong dan sampah," kata Putin setelah Washington mengkritik sikap Rusia.

Putin juga menepis dugaan bahwa intelijen Rusia bekerja sama dengan Snowden, yang oleh sejumlah pengamat bisa menjadi tambang emas informasi intelijen bagi Rusia.

"Dinas intelijen kami tidak pernah bekerja dengan Tuan Snowden, dan tidak bekerja dengannya hari ini," pungkas Putin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Sumber
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com