Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arab Saudi Desak Aksi Global Akhiri Rezim Suriah

Kompas.com - 25/06/2013, 22:23 WIB

JEDDAH, KOMPAS.com - Pemerintah Kerajaan Arab Saudi, Selasa (25/6/2013), mendesak adanya aksi global untuk menyudahi rezim Suriah pimpinan Presiden Bashar al-Assad. Pernyataan ini disampaikan setelah Menteri Luar Negeri AS dan Aran Saudi bertemu di kota Jeddah.

Selain itu, Menteri Luar Negeri Arab Saudi Pangeran Saud al-Faisal kepada Menlu AS John Kerry mengatakan rezim Bashar al-Assad sudah mengubah perang saudara Suriah menjadi ajang genosida.

"Kerajaan Arab Saudi mendesak adanya sebuah resolusi internasional yang jelas dan tegas untuk melarang berbagai dukungan persenjataan untuk rezim Suriah dan menyatakan rezim Assad sudah tak diakui lagi," ujar Faisal dalam jumpa pers bersama Menlu John Kerry.

Lebih jauh, Pangeran Faisal juga mengecam peran Iran dan gerakan Hezbollah yang terlibat langsung dalam perang di Suriah.

"Perkembangan paling berbahaya dalam konflik Suriah adalah intervensi asing yang diwakili Hezbollah dan milisi lainnya yang didukung oleh Garda Revolusi Iran," ujar Faisal.

Konflik bersenjata Suriah sudah berlangsung lebih dari dua tahun dan sejauh ini sudah menewaskan hampir 100.000 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com