Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peretas Serang Situs Pemerintah Korea Selatan

Kompas.com - 25/06/2013, 18:50 WIB


SEOUL, KOMPAS.com
 — Korea Selatan mengeluarkan peringatan internet setelah dugaan kuat peretas menyerang situs internet pemerintah.

Situs kantor presiden termasuk salah satu sasaran dalam serangan yang tampaknya dikoordinasi pada Selasa (25/6/2013).

Pernyataan dari pemerintah menyebutkan identitas dari peretasnya masih belum diketahui.

"Pemerintah mengukuhkan serangan dunia maya oleh peretas yang tidak diidentifikasi, yang menutup beberapa situs internet termasuk Rumah Biru (kantor resmi presiden)," seperti tertulis dalam pernyatan Kementerian Sains.

Namun, pesan yang memuji pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, dan pengakuan bahwa serangan adalah upaya bersama Anonymous, terlihat di situs-situs yang diretas.

Bagaimanapun kelompok peretas Anonymous lewat pesan Twitter sudah membantah tegas keterlibatan mereka dalam serangan di Korea Selatan.

Sebaliknya, Anonymous —yang terdiri dari para pegiat komputer— mengatakan bahwa mereka justru merencanakan serangan atas situs-situs internet Korea Utara.

Serangan di Korut

Kantor berita Korea Selatan, Yonhap, melaporkan bahwa beberapa situs internet di Korut tutup pada hari Selasa dan diduga karena serangan para peretas.

Situs yang tutup di Korut antara lain milik kantor berita KCNA, surat kabar Rodong Sinmun, dan portal Naenara.

Anonymous sebelumnya mengklain bahwa mereka meretas dan merusak situs jejaring sosial yang terkait dengan Korea Utara sebagai bagian dari yang disebut sebagai Operasi Pembebasan Korea.

Bukan pertama kalinya Korea Selatan menghadapi serangan peretas. Pertengahan Maret, stasiun penyiaran milik KBS, MBC, dan YTN melapor kepada polisi karena sistem jaringan mereka lumpuh.

Tak lama kemudian Korea Utara menyatakan upaya serangan melalui jaringan internet dengan sasaran bank dan media yang beroperasi di negara itu.

Serangan dunia maya yang terbaru pada hari Selasa ini terjadi bersamaan dengan peringatan awal perang Korea 1950-1953 yang jatuh pada tanggal 25 Juni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com