Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diduga Terlibat Pencucian Uang, 41 Klub Sepak Bola Italia Diperiksa

Kompas.com - 25/06/2013, 17:14 WIB
——
ROMA, KOMPAS.com — Polisi Italia, Selasa (25/6/2013), memeriksa 41 klub sepak bola Italia, termasuk 18 dari 20 klub Serie A, sebagai bagian dari penyelidikan tindak pidana pencucian uang yang melibatkan transfer pemain.

Dalam operasi itu, polisi menyita banyak dokumen untuk mencari bukti-bukti upaya penghindaran pajak dan keanehan dalam proses transfer pemain.

Sebanyak 11 tim Serie B dan 12 klub dari liga yang lebih rendah juga diselidiki polisi.

Meski polisi belum merilis satu pun klub sepak bola yang diperiksa, Reuters dan AP melaporkan, sejumlah sumber mengatakan Lazio dan Juventus termasuk dalam klub-klub yang diperiksa.

Para penyidik kepolisian juga memeriksa 12 orang agen pemain dan sejumlah klub asing yang diduga terlibat dalam dugaan praktik pencucian uang ini.

Juru bicara kepolisian Italia mengatakan, operasi ini diperintahkan pengadilan Napoli sebagai bagian dari penyelidikan konspirasi kejahatan, penggelapan pajak internasional, pencucian uang, dan pemalsuan data keuangan.

Kejaksaan Napoli dalam pernyataan resminya menambahkan, klub-klub yang diselidiki saat ini diduga terlibat dalam konspirasi untuk menghindari pembayaran pajak dalam jumlah besar yang terkait dengan proses transfer pemain.

Skandal di dalam dan luar lapangan seakan tak pernah lepas dari sepak bola Italia. Pengaturan skor dan kekerasan suporter menjadi masalah utama sepak bola Negeri Spageti itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Sky News
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com