Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Militan PKK Hengkang dari Turki

Kompas.com - 25/06/2013, 16:05 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Sekitar 150 orang anggota kelompok militan Partai Pekerja Kurdi (PKK) memilih hengkang dari Turki. Warta Koran Turkish Daily pada Selasa (25/6/2013) menunjukkan, kelompok yang pergi itu terbagi dalam tiga rombongan. Kelompok awal sudah pergi sejak Sabtu (8/6/2013).

Laporan koran itu juga menunjukkan destinasi para anggota PKK itu adalah Metina yang berada di Utara Iran. Anggota PKK meninggalkan Turki dari kota-kota seperti Diyarbakir, Bingol, dan Bitlis.   

Kendati begitu, masih ada anggota PKK yang berada di kawasan pinggir Turki seperti di Laut Hitam dan Provinsi Sivas. Media itu mengatakan, mereka juga tengah bergerak menuju Metina.

Sebelumnya, Pemimpin PKK Delal Amed dari Metina menuduh Turki membangun pasukan militer di perbatasan. Pasukan itu dimanfaatkan untuk menghadang anggota PKK.

Turki dan PKK tengah menjalin dialog perdamaian dengan Pemimpin PKK Abdullah Ocalan. Sementara, Ocalan sendiri tengah mendekam di penjara sejak Oktober tahun silam.

Pada 21 Maret tahun ini, Ocalan memerintahkan gencatan senjata dengan Turki. Ia juga minta anggotanya keluar dari wilayah Turki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com