Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Emir Qatar Segera Serahkan Kekuasaan ke Putranya

Kompas.com - 25/06/2013, 05:22 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber BBC
DOHA, KOMPAS.com — Emir Qatar Sheikh Hamad bin Khalifa al-Thani dilaporkan akan mengumumkan penyerahan kekuasaan kepada putranya. Televisi yang bermarkas di Qatar, Al Jazeera, melaporkan bahwa dalam pertemuan "keluarga yang berkuasa dan penasihat tinggi" di Doha pada Senin (24/6/2013) pemimpin Qatar itu menyampaikan keputusan untuk menyerahkan kekuasaan kepada putra mahkota.

"Istana kerajaan mengumumkan bahwa Emir Qatar Sheikh Hamad bin Khalifa al-Thani akan menyampaikan pidato pada pukul 08.00 waktu setempat pada Selasa (25/6/2013)," kata seorang pejabat seperti dilaporkan kantor berita pemerintah QNA. Selama beberapa hari terakhir muncul sejumlah kabar bahwa Putra Mahkota Tamim bin Hamad al-Thani disiapkan untuk meneruskan kekuasaan di keemiratan di kawasan teluk itu.

Kampanye melalui olahraga

Sheikh Tamim yang berumur 33 tahun tergolong muda bila dibanding para pemimpin negara-negara Teluk lainnya. Ia dilaporkan selama ini telah dilibatkan dalam pemerintahan dengan arahan ayahnya.

Qatar telah diperintah oleh keluarga al-Thani selama hampir 150 tahun terakhir. Sheikh Hamad (61) berkuasa pada 1995 ketika ia menggulingkan ayahnya sendiri untuk kemudian menjadi emir. Sejak berkuasa Sheikh Hamad melakukan sejumlah reformasi, dan selama beberapa tahun terakhir ia menjadikan Qatar sebagai pemain penting dalam diplomasi kawasan.

Sementara itu, Putra Mahkota Sheikh Tamim memegang beberapa jabatan penting, baik di bidang ekonomi maupun keamanan. Ia juga mengawasi rencana ambisius Qatar untuk menjadikan olahraga sebagai kampanye untuk mengangkat profil negara itu di mata internasional. Sebagai Ketua Komite Olimpiade Nasional, Sheik Tamim mengantarkan Qatar memperebutkan posisi sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com