Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Assange Bangga Bisa Bantu Snowden

Kompas.com - 24/06/2013, 10:33 WIB
Harry Bhaskara

Penulis

SYDNEY, KOMPAS.com — Julian Assange, pemimpin WikiLeaks asal Australia, mengatakan bangga bisa membantu Edward Snowden lari dari Hongkong ke Ekuador.

Amerika Serikat telah menuntut penyingkap skandal pengintaian internet Badan Keamanan Nasional Amerika (NSA) itu agar tidak melakukan perjalanan ke luar negeri setelah Snowden mendarat di Moskwa.             

Assange mengatakan, Minggu (23/6/2013), Snowden sedang dalam perjalanan ke Ekuador "melalui rute yang aman" dikawal oleh penasihat WikiLeaks dan beberapa diplomat.            

"Snowden meminta WikiLeaks untuk menggunakan keahliannya dalam bidang hukum serta pengalamannya untuk mengamankan dirinya," tulis WikiLeaks dalam siaran persnya yang dikutip oleh Sydney Morning Herald, Senin (24/6/2013).                

"Permintaan suaka ke Pemerintah Ekuador akan diurus begitu Snowden tiba di negara itu," tulis WikiLeaks.            

Penasihat hukum Assange, mantan hakim Spanyol Baltasar Garzon, mengatakan bahwa pengejaran atas diri Snowden dan kliennya karena membocorkan informasi untuk kepentingan umum adalah "serangan terhadap rakyat".            

Assange sendiri telah bersembunyi di kedutaan Ekuador di London lebih dari setahun.             Menteri Luar Negeri Ekuador Ricardo Patino mengonfirmasi melalui Twitter bahwa "Pemerintah Ekuador telah menerima permintaan suaka dari Edward Snowden".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com