Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Akhir Pekan Arab Saudi Diubah

Kompas.com - 24/06/2013, 07:50 WIB
RIYADH, KOMPAS.com — Pemerintah Arab Saudi mengubah akhir pekan resmi menjadi Jumat dan Sabtu agar sejalan dengan negara-negara lain di kawasan itu. Dekrit perubahan sudah dikeluarkan oleh Raja Abdullah dan akan mulai diterapkan mulai Jumat 28 Juni pekan ini.

Sebelumnya, masa hari kerja di Arab Saudi adalah Sabtu hingga Rabu dengan akhir pekan pada Kamis dan Jumat.

Perubahan akhir pekan ditempuh untuk menanggapi peluang ekonomi dan komitmen internasional, seperti dilaporkan kantor berita resmi Arab Saudi, SPA.

Disebutkan bahwa perubahan akan mengurangi dampak negatif dari kegiatan ekonomi dan keuangan di kerajaan itu dan mengejar peluang ekonomi yang hilang.

Kantor-kantor pemerintah akan menyesuaikan diri dengan keputusan baru ini mulai akhir pekan Namun, sekolah-sekolah dan universitas akan melakukan perubahan pada saat musim ajaran baru mendatang.

Dengan demikian, kantor-kantor di Arab Saudi, termasuk bursa saham Riyadh, akan memiliki waktu operasi yang lebih banyak dengan kawasan internasional lainnya.

Laporan-laporan menyebutkan rencana ini sebelumnya sempat ditentang oleh para ulama beraliran konservatif dengan alasan bahwa Sabtu adalah hari suci bagi umat Yahudi.

Bulan lalu, Oman menerapkan pergeseran akhir pekan menjadi Jumat dan Sabtu sehingga Arab Saudi menjadi negara terakhir dalam Dewan Kerja Sama Teluk—yang terdiri dari enam negara— yang melakukan perubahan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com