Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penemu Senapan AK-47 Dilarikan ke Rumah Sakit

Kompas.com - 24/06/2013, 02:42 WIB
Pieter P Gero

Penulis

MOSKWA, KOMPAS.com — Penemu senapan legendaris AK-47 dilarikan ke rumah sakit, Minggu (23/6/2013). Dikutip dari kantor berita AP, Kementerian Darurat Rusia mengirim sebuah pesawat terbang yang dilengkapi peralatan medis guna membawa Mikhail Kalashnikov dari rumahnya di Izhevsk ke Moskwa untuk mendapatkan perawatan medis.

Saat ini Kalashnikov berusia 93 tahun. Kota Izhevsk berjarak sekitar 1.000 kilometer di sisi timur Moskwa. Di kota ini, Kalashnikov lahir dan kini tinggal. Sebelumnya, pada Mei 2013, Kalashnikov sempat menghabiskan waktu dua pekan di klinik kardiologi di Izhevsk.

Senapan AK-47 merupakan senjata serbu paling populer di dunia. Diperkirakan saat ini ada 100 juta senapan AK-47 beredar di seluruh dunia. AK merupakan kependekan dari "Avtomat Kalashnikov" atau Kalashnikov Otomatis. Sementara itu, angka 47 merupakan penanda tahun ketika senapan tersebut mulai diproduksi massal.

Kalashnikov, yang dulu adalah mekanik pada divisi tank Uni Soviet, tetap bekerja sampai usia 80 tahun sebagai kepala desainer di Izhmash. Ini adalah sebuah pabrik di Izhevsk, yang dulu juga merupakan tempat AK-47 dibuat untuk kali pertama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com