Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, Bayi Diselamatkan dari Lubang WC

Kompas.com - 24/06/2013, 02:21 WIB
Pieter P Gero

Penulis

MADRID, KOMPAS.com — Jika sebelumnya bayi diselamatkan dari saluran pembuangan di China, kini kasus serupa terjadi di Alicante, kota di sisi timur Spanyol. Namun, dalam kasus ini, sang ibu harus ditahan karena diduga sengaja berusaha membunuh bayinya yang baru berumur dua hari.

Dikutip dari kantor berita AP, Minggu (23/6/2013), Kementerian Dalam Negeri Spanyol menyatakan bahwa seorang ibu berumur 26 tahun telah membuang bayi laki-lakinya yang baru berumur dua hari. Bayi itu dimasukkan dalam kantong plastik dan digelontorkan ke saluran pembuangan WC.

Dikira kucing

Petugas keamanan berhasil menyelamatkan bayi tersebut, setelah 40 jam terperangkap di saluran pembuangan di tempat tinggal ibunya. Saluran tempat bayi itu sengaja dibuang bermuara di penampungan seluas 1,2 meter persegi di halaman gedung.

Semula, seorang tetangga ibu bayi itu menelepon petugas kebakaran sekitar pukul 02.00 waktu setempat, Minggu (23/6/2013). Dia mengira ada seekor kucing terperangkap di saluran pembuangan dan terus mengeong.

Dalam pernyataan Kementerian Dalam Negeri Spanyol, bayi seberat 2,1 kilogram itu kini dalam kondisi kesehatan serius, meski disebut tak membahayakan nyawa. Dia ada dalam perawatan intensif rumah sakit.

Satu lengan bayi tersebut dilaporkan patah. Tetapi tak ada rincian lebih lanjut soal kondisi bayi naas tersebut.

Berniat menggugurkan

Sementara ini, kepolisian setempat menginvestigasi si ibu untuk menentukan tuduhan baginya, yang tak disebutkan namanya itu. Dalam pemeriksaan, ibu ini mengaku bahwa dua hari sebelumnya, Jumat (21/6/2013), telah melapor kepada seorang staf kesehatan di rumah sakit di Alicante bahwa dia mengalami keguguran.

Ketika polisi datang ke rumah sakit sebagai tindak lanjut atas laporan tersebut, perempuan ini mengakui bahwa ia memang berniat menggugurkan bayinya tetapi tak punya uang untuk melakukannya. Ternyata, pada hari itu juga bayinya lahir, dan perempuan itu membuangnya ke saluran WC.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com