Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyanyi Asal Gaza Ini Memenangkan Arab Idol

Kompas.com - 23/06/2013, 08:15 WIB
Farid Assifa

Penulis

Sumber BBC
Mohammed Assaf (23), menjadi seorang pria Gaza yang dikenal sebagai pahlawan lokal. Dia memenangkan sebuah kontes yang digelar di Beirut, ibu kota Lebanon. Kontes Arab Idol ini disaksikan sekitar jutaan orang dari kawasan tersebut.

Assaf dinyatakan sebagai pemenang Arab Idol mengalahkan dua peserta lainnya, Ahmed Jamal dari Mesir dan Farah Youssef dari Syria pada final Sabtu (22/6/2013) malam waktu setempat. Kontes talenta ini disiarkan langsung MBC TV berbasis di Beirut sejak Maret lalu.

Lagu solo terakhir yang dinyanyikan Assaf pada Jumat kemarin memiliki sisi politis. Dia meminta syal tradisional (sorban) Palestina agar tetap dipelihara dan menyerukan rekonsiliasi.

Kendati Assaf dilahirkan di Libya untuk orangtua Palestina, ini yang kali pertama seorang penyanyi yang tinggal di Gaza memenangkan even bergengsi di kawasan tersebut.

"Mohammed Assaf tidak membebaskan Palestina," tulis seorang blogger di Twitter. "Namun dia membawa kebahagiaan untuk orang-orang yang tidak tersenyum selama 66 tahun penjajahan,"

Lalu lintas di Kota Gaza Sabtu malam kemarin macet hingga larut malam. Para pria paruh baya menari-nari di jalanan untuk merayakan kemenangan Assaf.

Tokoh publik, termasuk Presiden Mahmoud Abbas, menyerukan semua rakyat Palestina untuk mendukung Assaf.

Selain itu, beberapa perusahaan besar juga ikut memberikan dukungan pada Assaf dengan membuatkan poster dan menjadi sponsor di bilboard.

Kendati pertunjukan dan musik tersebut tidak disukai Hamas, namun sebuah laporan dari korensponden BBC menyebutkan bahwa faksi yang menguasai Gaza ini bersikap diam terkait kemenangan warganya itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com