Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Turki Tangkap Lagi 33 Pendemo

Kompas.com - 22/06/2013, 19:17 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Sampai dengan Sabtu (22/6/2013), polisi Turki menangkap lagi 33 pendemo antipemerintah dari Taman Gezi. Total, selama tiga minggu unjuk rasa, sudah 55 pendemo ditangkap polisi, tulis Kantor Berita Dogan.

Pengadilan di Ankara menetapkan 22 orang yang ditahan pada Sabtu dini hari sebagai pihak yang mengorganisasikan unjuk rasa. "Mereka juga didakwa melakukan kekerasan selama unjuk rasa," kata pihak pengadilan itu.

Sementara itu, dari jumlah total 55 orang tadi, ada 9 orang yang didakwa melakukan perusakan fasilitas umum. "Mereka didakwa terkait dengan organisasi teroris,"kata pengadilan itu.

Di Istanbul, 67 demonstran bakal berhadapan dengan dakwaan memprovokasi kekerasan. Dari jumlah itu 17 di antaranya sedang dalam proses pengadilan.

Kemarin, bentrokan paling anyar antara pengunjuk rasa versus polisi terjadi di di dekat Kedutaan Besar AS di Jalan Kennedy di Ankara. Kawasan itu menjadi pusat bentrokan sejauh ini. Dalam bentrokan, polisi melepaskan tembakan gas air mata dan peluru air ke arah pengunjuk rasa.

Catatan resmi menunjukkan unjuk rasa berujung bentrok di Turki dalam tiga minggu ini sudah menewaskan sedikitnya lima orang, termasuk satu orang polisi. Insiden kekerasan itu melukai sekitar 5.000 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com