Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Tewas Terlanda Banjir di Kanada

Kompas.com - 22/06/2013, 19:03 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Sampai dengan Jumat kemarin, tercatat tiga orang tewas terlanda banjir bandang di Provinsi Alberta, Kanada. Banjir itu dipicu oleh hujan deras berkepanjangan, tulis AP pada Sabtu (22/6/2013).

Petugas kepolisian dan regu penolong baru bisa mengangkat dua jenazah yang mengapung di Sungai Highwood, di Calgary, kota terbesar di Provinsi Alberta. "Jenazah korban ketiga belum berhasil diangkat dari sungai karena arus deras yang membahayakan,"kata petugas kepolisian.

Banjir bandang di Alberta adalah yang terburuk selama beberapa dekade. Sungai-sungai meluap airnya dan menghantam rumah-rumah di sekitarnya. Sementara, tinggi muka air banjir di pusat kota Calgary mencapai semeter.

Air bah bahkan menyentuh lintasan ke-14 di Calgary Saddledome. Tempat itu adalah lokasi utama Olimpiade Musim Dingin pada 1988.

Otoritas Calgarly mengatakan dari 26 komunitas di selatan Alberta, 75.000 warganya terpaksa mengungsi. "Besarnya banjir memang luar biasa,"kata Perdana Menteri Kanada Stephen Harper yang berkunjung ke lokasi banjir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com