Sabtu, 25 Oktober 2014

News / Internasional

Petani Akan Curhat di Forum APEC

Sabtu, 22 Juni 2013 | 12:45 WIB

Negara-negara anggota Asia Pacific Economic Cooperation (APEC).

MEDAN, KOMPAS.com — Para petani dari negara anggota Asian Pasific Economic Cooperation (APEC) berkumpul di Medan, Sumatera Utara, dalam forum Kemitraan pada Kebijakan Ketahanan Pangan (Policy Partnership on Food Security/PPFS). Mereka akan berbagi pengalaman soal pertanian. Pertemuan dimulai hari ini, Sabtu (22/6/2013), hingga tiga hari ke depan.

PPFS merupakan forum antara sektor swasta dan pemerintah. Tugas utamanya membahas isu-isu kebijakan ketahanan pangan di kawasan Asia Pasifik. Kali ini merupakan pertemuan kedua setelah pertemuan di Jakarta pada Januari lalu.

Target PPFS tahun ini adalah merumuskan "Road Map Toward 2020". Peta jalan tersebut akan menjadi acuan utama dan masukan bagi pemimpin ekonomi APEC.

Dalam keterangan persnya, panitia APEC menjelaskan, pertemuan PPFS di Medan akan membahas isu pelibatan petani dalam pencapaian ketahanan pangan global. Para petani diberi kesempatan mengutarakan pengalaman masing-masing selama bertani.

Beberapa negara yang telah menyatakan bakal berpartisipasi antara lain Amerika Serikat, Australia, China, Jepang, dan Selandia Baru. Indonesia akan diwakili oleh kalangan swasta yang selama ini telah menjalin kemitraan dengan para petani, berkiprah di bidang teknologi pertanian, serta mendorong kemandirian petani.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Penulis: Mohammad Hilmi Faiq
Editor : Palupi Annisa Auliani