Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Etna Jadi Situs Bersejarah Dunia

Kompas.com - 21/06/2013, 19:43 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Komite Peninggalan Bersejarah Dunia (WHC) dalam persidangan ke-37 menetapkan Gunung Etna sebagai Situs Bersejarah Dunia. Gunung Etna, tulis Xinhua pada Jumat (21/6/2013), adalah gunung berapi yang masih aktif di Italia. "Kami mengucapkan selamat kepada Italia," kata Deputi Perdana Menteri Kamboja Sok An di Phnom Penh.

Dalam kesempatan itu, Phnom Penh menjadi tuan rumah perhelatan tersebut. Sementara, Sok An menjadi Ketua Persidangan Ke-37 itu.

Gunung Etna terletak di pantai timur Sisilia. Gunung ini menjadi sohor lantaran aktivitas vulkanisnya. Tahun ini saja, sejak Februari, gunung ini sudah meletus 13 kali.

Gunung Etna, menurut catatan, muncul sejak 2.700 tahun silam. Aktivitas gunung ini menjadi salah satu bahan studi dan pemantauan terbesar di dunia. Letusan gunung ini memberi banyak pengaruh pada vulkanologi, geofisika, dan berbagai ilmu lainnya. Gunung Etna tingginya 3.329 meter.

Terkait persidangan lembaga yang berafiliasi ke PBB ini, penyelenggara mencatat ada 17 dari 30 calon situs bersejarah dunia yang bakal ditetapkan. Persidangan akan berakhir pada 27 Juni 2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com