Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mesir: Kekayaan Keluarga Hosni Mubarak Mencapai Rp 12 Triliun

Kompas.com - 21/06/2013, 16:29 WIB
KAIRO, KOMPAS.com — Pemerintah Mesir memperkirakan kekayaan seluruh keluarga mantan pemimpin Mesir Hosni Mubarak mencapai 1,2 miliar dollar AS atau hampir Rp 12 triliun. Demikian jaksa penuntut menyatakan, Kamis (20/6/2013).

Ini adalah kali pertama sumber resmi pemerintah memberikan informasi jumlah kekayaan keluarga Mubarak, yang menjadi sumber spekulasi sejak aksi massa menjungkalkan rezim Mubarak pada Februari 2011.

"Laporan dari Badan Pengawasan Administrasi, Otoritas Pengawasan Pendapatan Gelap, dan Badan Pemeriksa Keuangan membuktikan keluarga Mubarak memiliki kekayaan hingga 9 miliar pound Mesir," kata juru bicara jaksa agung, Mahmud al-Hefnawy.

Kekayaan pribadi istri-istri kedua anaknya Alaa dan Gamal Mubarak, Heidi Rassekh dan Khadiga al-Gamal, juga dimasukkan ke dalam perkiraan daftar kekayaan Mubarak itu.

"Jumlah kekayaan ini terdiri atas aset dan saham mereka di berbagai perusahaan Mesir," tambah Hefnawi seperti dikutip kantor berita MENA.

Dari jumlah kekayaan itu, 3 miliar poundsterling Mesir berupa uang tunai, dan 5 miliar poundsterling lainnya berupa saham.

Sementara itu, seluruh properti yang dimiliki keluarga Mubarak mencapai nilai 1 miliar poundsterling Mesir, terutama properti mereka di luar negeri.

"Mubarak menggunakan kekuasaannya untuk memperkaya diri dan keluarganya," ujar Hefnawi.

Mubarak (85) dan kedua putranya kini ditahan di sebuah penjara di sebelah selatan ibu kota Kairo.

Tahun lalu Mubarak dijatuhi hukuman seumur hidup akibat korupsi, dan bertanggung jawab atas tewasnya sejumlah pengunjuk rasa dalam revolusi penggulingan dirinya.

Namun, Mubarak mengajukan banding atas keputusan itu dan kini tengah menjalani sidang bandingnya.

Istri Mubarak, Suzanne, ditahan tak lama setelah rezim suaminya runtuh. Namun, Pemerintah Mesir kemudian membebaskannya pada Mei 2011 setelah Suzanne mengembalikan harta benda miliknya senilai 570.000 dollar AS ke negara.

Kedua menantu perempuan Mubarak juga sempat ditahan, tetapi kemudian dibebaskan tanpa dijerat tuntutan hukum apa pun.

Pekan lalu, Mubarak, istrinya, dan putranya Gamal menyatakan sepakat untuk mengembalikan semua hadiah pemberian para menteri senilai 600.000 dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com