Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Juli 2013, PM Australia ke Indonesia Bahas Pencari Suaka

Kompas.com - 20/06/2013, 04:58 WIB
L Sastra Wijaya,
Harry Bhaskara

Tim Redaksi

CANBERRA, KOMPAS.com — Perdana Menteri Australia Julia Gillard dijadwalkan datang ke Indonesia pada awal Juli 2013. Kedatangannya adalah untuk membicarakan masalah para pencari suaka yang menggunakan perahu mencoba mencapai Australia.

Dalam kunjungan ini, Gillard juga dijadwalkan akan mendatangi sebuah desa tempat para pencari suaka menaiki perahu untuk menuju Australia. Pengumuman ini disampaikan setelah Gillard menghadapi pertanyaan dari kubu oposisi tentang para pencari suaka itu, seperti dikutip dari news.com.au, Rabu (19/6/2013).

Selama hampir tiga tahun Gillard menjadi Perdana Menteri Australia, lebih dari 38.000 pencari suaka datang ke Australia dengan menumpang 575 perahu. Sementara lebih dari 600 pencari suaka hilang atau tewas dalam perjalanan perahu mereka. 

Menurut rencana, Gillard akan mendarat di Jakarta pada 4 Juli 2013 untuk mengunjungi Jakarta dan Bogor selama dua hari. Gillard akan bertemu dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 5 Juli 2013.

Gillard akan tiba di Jakarta tanggal 4 Juli dan akan berada di Jakarta dan Bogor selama dua hari. Selanjutnya Gillard akan bertemu dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tanggal 5 Juli.    

Selain membahas masalah manusia perahu, istilah untuk para pencari suaka yang datang menumpang perahu, dalam pertemuan dengan Presiden SBY akan dibahas juga masalah perdagangan kedua negara, perubahan iklim, dan terorisme.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com