Kamis, 17 April 2014

News / Internasional

Menunggu Bayi Pangeran William dan Kate Middleton...

Kamis, 20 Juni 2013 | 04:48 WIB

Baca juga

LONDON, KOMPAS.com — Pangeran William dan Kate Middleton kini tengah menunggu kelahiran bayi mereka, yang diperkirakan lahir pada Juli mendatang. Namun, pejabat Clarence House, tempat kediaman resmi pasangan Kerajaan Inggris, sudah mengeluarkan sejumlah informasi soal kelahiran bayi yang menempati garis ketiga pewaris takhta Inggris ini. Tetapi, informasi sangat pribadi masih dirahasiakan.

Kantor berita AP, Rabu (19/6/2013), melaporkan, Kate masih akan tampil pada sejumlah acara di depan umum, tetapi akan bertahap berkurang menjelang hari dia dijadwalkan melahirkan. Sejauh ini Kerajaan Inggris masih merahasiakan kelamin bayi yang akan lahir, apakah bakal menjadi raja atau ratu. Lagi pula, Pangeran William dan Kate pun tidak berniat mengetahui jenis kelamin bayi mereka sebelum kelahiran. Semuanya diharapkan sebagai kejutan.

Pangeran William dalam beberapa kesempatan menegaskan akan hadir saat istrinya melahirkan bayi mereka. Proses kelahiran diperkirakan berlangsung di kamar khusus Ruang Lindo Rumah Sakit St Mary di pusat kota London. Di rumah sakit ini juga Putri Diana melahirkan Pangeran William dan adiknya Pangeran Harry. Dokter kandungan kerajaan, Marcus Setchell, akan menangani proses kelahiran tersebut.

Kerajaan Inggris tidak akan mengeluarkan informasi awal saat Kate dilarikan ke rumah sakit untuk melahirkan. Publik baru diberitahu secara resmi Kate melahirkan setelah istri Pangeran William ini meninggalkan kamar rumah sakit.

Langkah tersebut untuk mengantisipasi massa yang berkerumun di rumah sakit sebelum kedatangan Kate. Diperkirakan perlu waktu satu jam untuk sampai ke rumah sakit. Penyampaian informasi kelahiran akan dilakukan menggunakan media massa konvensional dan media sosial mutakhir.

Kerajaan akan menyampaikan informasi di rumah sakit dengan membuat keterangan resmi menggunakan kop surat Istana Buckingham. Buletin kelahiran juga akan dikirim dari istana dan akan disampaikan kepada publik. Pada saat bersamaan kabar kelahiran juga akan diedarkan media sosial seperti Twitter.

Dalam dokumen tersebut akan tercantum jenis kelamin, berat, serta jam kelahiran bayi William dan Kate. Rencana nama untuk bayi belum disebutkan sampai saat ini, mengingat sang ayah pun dulu butuh waktu sepekan sebelum publik tahu nama yang diberikan kepadanya.

Begitu bayi lahir, keluarga kerajaan dan keluarga Kate akan segera mengunjungi rumah sakit. Tetapi, sang nenek, Ratu Elizabeth II, kemungkinan tidak akan ada dalam rombongan karena sedang menikmati liburan musim panas di Balmoral, Skotlandia.


Penulis: Pieter P Gero
Editor : Palupi Annisa Auliani