Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden AS, China, dan Rusia Konfirmasi Hadiri KTT APEC di Bali

Kompas.com - 20/06/2013, 01:24 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Sejumlah kepala negara, termasuk Presiden Amerika Serikat Barack Obama, Presiden China Xi Jinping, dan Presiden Rusia Vladimir Putin, sudah mengonfirmasi kehadirannya pada konfrensi tingkat tinggi Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) di Bali pada Oktober 2013.

"Hingga saat ini tidak ada kepala negara yang menyatakan berhalangan hadir. Sebagaian besar sudah mengonfirmasikan hadir, antara lain Presiden AS, Rusia, China, dan konfirmasi kehadiran terus bergulir," kata Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa seusai rapat panitia nasional tingkat menteri keketuaan APEC di Jakarta, Rabu (19/6/2013). Semua agenda APEC pada 2013, kata Marty, berjalan sesuai rencana, baik dari substansi maupun teknis penyelenggaraan.

Salah satu hal yang kini menjadi fokus pemerintah, kata Marty, adalah mencari benang merah substansi kepentingan Indonesia untuk dibahas pada serangkaian agenda diplomasi multilateral. Selain KTT APEC, sepanjang 2013, sejak September hingga Desember Indonesia juga akan terlibat dalam pertemuan KTT ASEAN, pertemuan negara-negara G-20, dan forum Organisasi Perdagangan Dunia (WTO).

Pada kesempatan yang sama, Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional Armida Alisjahbana mengatakan, ketahanan pangan dan energi, serta peran usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), akan tetap menjadi perhatian Indonesia. "Ini sesuai dengan prioritas kedua Indonesia di APEC, yaitu achieving sustainable growth with equity," katanya.

Sementara itu, Menteri Parawisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu mengungkapkan sejumlah keuntungan selama persiapan APEC dan berbagai agenda yang harus dijalani. Setidaknya, menurut Mari, selama keketuaan Indonesia di APEC pada tahun ini, terjadi 94 kali pertemuan atau kunjungan delegasi organisasi itu ke berbagai daerah di Indonesia.

Mari juga menekankan perlunya kesiapan infrastruktur untuk menyukseskan perhelatan KTT APEC yang diperkirakan akan dihadiri 5.000 delegasi dan media dari berbagai negara. "Hal ini dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan pariwisata, sekaligus untuk meningkatkan konektivitas antarmasyarakat," tuturnya.

Agenda APEC terdekat adalah pertemuan pejabat tinggi negara-negara anggota di Medan, Sumatera Utara, pada 22 Juni-6 Juli 2013. Pertemuan ini juga akan membahas kerangka substansi dan teknik penyelenggaraan KTT APEC di Bali, Oktober mendatang. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com