Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gugatan Penyadapan Telepon Diajukan di AS

Kompas.com - 19/06/2013, 07:48 WIB

Gugatan perdata terkait penyadapan telepon diajukan di California atas kelompok media News Corporation dan anak perusahaannya, News International.

Untuk pertama kali, kelompok media milik Rupert Murdoch digugat di Amerika Serikat sehubungan dengan penyadapan telepon, yang sempat menghebohkan Inggris dan menyebabkan penutupan salah satu koran terbitannya, News of The World.

Penggugat di California adalah Eunice Huthart, seorang pemeran pengganti asal Inggris yang kerap bekerja sama dengan bintang Hollywood, Angelina Jolie.

Huthart mengatakan bahwa saat kerja bersama Jolie di Amerika, terjadi penyadapan pesan telepon dari keluarganya dan teman-temannya. Dalam beberapa insiden, pesan untuknya justru dihapus.

Akibatnya, seperti diduga Huthart, dia tidak mendapat pesan dari putrinya yang mendapat intimidasi dari sekolah dan juga menyebabkan tekanan kepada perkawinan karena pesan suaminya tidak terbalas.

Penyadapan Gelap

Huthart -yang menjadi ibu permandian bagi putri pertama Jolie- dilaporkan kehilangan sejumlah pesan telepon antara tahun 2004-2005 -termasuk dari Jolie- ketika sedang bekerja untuk film Mr. and Mrs. Smith.

Nomor telepon Huthart masuk dalam catatan Glenn Mulcaire, yang dijatuhi hukuman penjara selama enam bulan pada tahun 2007 karena menyadap telepon secara gelap atas permintaan News of the World.

Skandal penyadapan telepon oleh koran milik perusahaan Murdoch yang meluas sampai menyebabkan juru bicara perdana menteri David Cameron mengundurkan diri, Andy Coulson, yang belakangan didakwa oleh kepolisian.

Rupert Murdoch sendiri sudah menyampaikan permintaan maaf atas ''kesalahan serius'' yang dilakukan News of the World dalam kasus penyadapan telepon itu.

Permintaan maaf disampaikan dalam sebuah iklan satu halaman penuh yang dimuat sejumlah media Inggris.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com