Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ahmadinejad dan Rohani Bertemu untuk Kali Pertama

Kompas.com - 18/06/2013, 19:27 WIB

TEHERAN, KOMPAS.com — Presiden Iran yang akan segera lengser, Mahmoud Ahmadinejad bertemu dengan penggantinya Hassan Rohani, Selasa (18/6/2013), untuk pertama kali sejak ulama moderat itu dipastikan memenangi pemilihan presiden.

Rohani (64), yang dijadwalkan resmi menjabat presiden pada 3 Agustus mendatang, menang telak dalam pemilihan presiden pekan lalu.

"Kedua tokoh ini membicarakan masalah politik dan ekonomi Iran," demikian laporan televisi Pemerintah Iran.

Kantor kepresidenan Iran menerbitkan foto kedua tokoh itu tengah tersenyum lebar sambil berjabat tangah dengan hangat.

Ahmadinejad, yang selama masa pemerintahannya dipenuhi retorika dan isolasi dari dunia internasional, mengatakan, pemerintahannya siap untuk membuat masa transisi ini mudah bagi presiden baru.

Sebelumnya, Rohani berjanji akan berusaha memperbaiki hubungan buruk antara Iran dan dunia internasional terkait program nuklir yang dicurigai Barat sebagai upaya Iran membangun persenjataan nuklir.

Akibatnya, Iran menanggung sanksi ekonomi internasional yang mengakibatkan negeri itu kehilangan pendapatan miliaran dollar AS dari sektor migas dan investasi asing.

Dengan demikian, Iran kini berkutat dengan angka inflasi yang melangit, jumlah penganggur tinggi, dan merosotnya nilai tukar mata uang riyal.

Sejumlah analis mengatakan, kemerosotan perekonomian Iran sebagian disebabkan kesalahan manajemen yang dilakukan pemerintahan Ahmadinejad.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com