Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Paris, Airbus Unggul Jauh dari Boeing

Kompas.com - 18/06/2013, 15:58 WIB

PARIS, KOMPAS.com — Airbus mengungguli rival utamanya, Boeing, di hari pertama pameran dirgantara terbesar dunia di Paris, Perancis, Selasa (18/6/2013).

Produsen pesawat terbang asal Eropa tersebut dilaporkan berhasil menerima pemesanan pesawat senilai 18,3 miliar dollar AS atau sekitar Rp 180 triliun.

Angka itu jauh di atas Boeing yang hanya mendapatkan pesanan sebesar 6,1 miliar dollar AS atau sekitar Rp 60 triliun.

Transaksi terbesar Airbus datang dari kelompok keuangan Doric yang memesan 20 pesawat raksasa dua tingkat A380.

Airbus sendiri saat ini tengah mencari pasar untuk pesawat terbarunya A350, yang baru saja menjalani terbang perdana di Perancis, 14 Juni lalu.

Pesawat A350 ini bisa membawa 440 penumpang dan menjadi pesaing utama Boeing 787 Dreamliner karena dianggap sebagai pesawat hemat bahan bakar.

Airbus mengatakan bahwa dari sudut pandang seorang pilot, pengoperasian pesawat baru ini sama dengan pesawat Airbus lainnya, yang menjadi nilai jual karena maskapai tidak perlu lagi melatih awak pesawat untuk menerbangkannya.

Sementara itu, Boeing saat ini telah beranjak dari masalah teknis yang sempat dialami Dreamliner akibat masalah baterai yang menyebabkan semua pesawatnya sempat dikandangkan.

Perusahaan penyewaan pesawat GECAS disebut telah memesan sepuluh 787 Dreamliner dalam pameran di Paris ini.

Kepala Eksekutif Boeing Ray Conner mengatakan, ''saya rasa kami memiliki produk yang lebih baik, pada akhirnya semoga produk terbaik yang menang.''

Pameran dirgantara Paris berlangsung di Le Bourget, Paris, diikuti oleh 2.200 perusahaan dari 144 negara. Diperkirakan akan dihadiri 350.000 pengunjung.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com