Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Didoakan Seluruh Dunia, Istri Mandela Ucapkan Terima Kasih

Kompas.com - 17/06/2013, 19:05 WIB

PRETORIA, KOMPAS.com — Istri Nelson Mandela, Graca Machel, mengucapkan terima kasih kepada ribuan orang di seluruh dunia yang mendoakan mantan presiden Afsel itu selama dirawat di rumah sakit.

Dia mengatakan, pesan-pesan yang diterima telah meringankan "beban kegelisahan" dan membawa "cinta, ketenangan, dan harapan".

"Ucapan terima kasih sulit untuk diungkapkan," tambah istri ketiga Mandela ini yang dinikahi ketika mantan presiden Afrika Selatan tersebut berulang tahun ke-80.

Machel mengatakan dalam pernyataan resminya bahwa "dunia sudah berdiri bersama dia (Mandela) dan mendukung pemulihannya".

Presiden kulit hitam pertama Afrika Selatan ini untuk ketiga kalinya dirawat di rumah sakit sejak 8 Juni karena infeksi paru-paru dan menjadi keprihatinan rakyat Afrika Selatan dan warga dunia lainnya. 

Sejak dirawat, Machel selalu mendampinginya di rumah sakit.

Mulai pulih

Dia mulai pulih, tetapi kondisinya tetap masih serius dan tetap berada di ruang perawatan intensif, seperti dijelaskan Presiden Jacob Zuma.

Pada Minggu (16/6/2013) —yang bertepatan dengan Hari Ayah— Presiden Zuma juga meminta warga Afrika Selatan mengucapkan selamat kepada Mandela, yang dipanggil "Madiba" oleh rakyat Afrika Selatan.

Pada usia 94 tahun, Madiba mewarisi gangguan pernafasan yang berasal dari TBC yang diidapnya pada tahun 1980-an ketika masih mendekam di penjara Robben Island.

Setelah tidak menjabat sebagai presiden, dia masih aktif dalam berbagai upaya perdamaian dunia, tetapi tahun 2004 dia menyatakan mundur dari kehidupan umum dan sudah jarang terlihat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com