Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bantu Wanita Kanada Kabur dari Suami, Dua Wanita Saudi Dipenjara

Kompas.com - 16/06/2013, 02:15 WIB

RIYADH, KOMPAS.com - Sebuah pengadilan Arab Saudi, Sabtu (15/6/2013), menjatuhkan hukuman 10 bulan penjara untuk dua perempuan Saudi.

Kesalahan kedua perempuan Saudi itu adalah membantu seorang perempuan Kanada yang ingin meninggalkan suaminya yang warga Saudi bersama anak-anaknya.

Pengadilan juga melarang Fawzia al-Ayuni dan Wajiha al-Huaider -nama kedua perempuan itu- meninggalkan Arab Saudi selama dua tahun. Demikian penjelasan aktivis HAM, Aql al-Bahli.

"Kedua perempuan itu dinyatakan bersalah sesuai Syariat Islam, karena membantu seorang perempuan mengingkari kepemimpinan suaminya," kata Al-Bahli.

Sebelum divonis, kedua perempuan ini ditahan selama 1,5 tahun setelah membantu seorang perempuan Kanada yang ingin melarikan diri dari Saudi bersama anak-anaknya setelah bertengkar dengan sang suami.

Foruk Hak-hak Sipil Teluk, sebuah organisasi pejuang HAM kawasan, mengungkapkan keprihatinannya terkait hukuman penjara terhadap kedua perempuan tersebut yang "mempertahankan hak-hak kemanusiaan".

Kelompok ini juga mendesak pemerintah Kanada untuk meminta pemerintah Arab Saudi agar membantu perempuan warga negaranya itu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com