Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nomor Ponsel Pribadi Presiden Filipina Dibongkar Peretas

Kompas.com - 15/06/2013, 12:54 WIB

MANILA, KOMPAS.com — Seorang hacker atau peretas berhasil memublikasikan nomor ponsel yang dia klaim sebagai nomor Presiden Filipina Benigno Aquino. Sementara itu, juru bicara kepresidenan menyatakan hal itu adalah tindakan vandalisme di dunia cyber.

Juru Bicara Presiden Benigno Aquino, Ricky Carandang, tidak membenarkan maupun membantah mengenai kebenaran klaim dari peretas tersebut. Dia juga menolak berkomentar mengenai keamanan dari Presiden yang berpotensi terancam.

"Ini adalah tindakan vandalisme di dunia cyber. Ini biasa saja. Kami sedang berhadapan dengan itu. Itulah yang bisa saya katakan untuk saat ini," ujar Carandang kepada AFP, Sabtu (15/6/2013).

Sebelumnya, seorang peretas dengan identitas "#pR.is0n3r" merilis tiga nomor pribadi Presiden Aquino di Facebook. Selanjutnya, dia mendesak para follower-nya yang berjumlah lebih dari 9.000 akun untuk berkomunikasi langsung dengan presiden mereka.

"Mayoritas masyarakat tidak mendapatkan jawaban atas berbagai isu yang terjadi. Jika kita mengirimkan surat kepada Presiden, kita tidak yakin surat tersebut akan diterimanya," tulis peretas itu, Jumat (14/6/2013).

"#pR.is0n3r" mengaku bahwa dia adalah anggota grup hacker, yang telah melakukan serangkaian serangan terhadap website milik berbagai institusi pemerintah.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com