Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bosan Dipimpin Koruptor, Warga Xalapa Usung Kucing Jadi Wali Kota

Kompas.com - 14/06/2013, 21:51 WIB

MEXICO CITY, KOMPAS.com — Mungkin rakyat kota Xalapa, Meksiko, sudah bosan dipimpin politisi korup yang tak memikirkan rakyat.

Politisi korup kerap disamakan dengan seekor tikus. Maka dari itu, akhirnya, rakyat Xalapa mengusung seekor kucing menjadi calon wali kota.

Kucing berwarna hitam putih bernama Morris muncul di sebuah poster kampanye di jejaring sosial Facebook. Sejauh ini, Morris sudah mendapat 100.000 "like" dari pengguna jejaring sosial ini.

Nama Morris memang tidak akan muncul dalam surat suara resmi pemilihan wali kota Xalapa yang akan digelar pada 7 Juli mendatang.

Namun, para pendukung Morris mengatakan semakin meningkatnya popularitas si kucing karena begitu frustrasinya warga kota atas politisi korup, yang mereka sebut sebagai tikus.

Diusungnya Morris si kucing awalnya hanya muncul di media-media lokal, tetapi dengan cepat menarik mata media nasional Meksiko, bahkan media internasional.

Kini, Morris bahkan sudah memiliki situs resmi menampilkan video kampanye yang menceritakan kisah hidupnya. Situs itu juga dilengkapi foto kucing berwarna merah dan biru, mirip foto kampanye Barack Obama yang terkenal pada 2008.

"Menghadapi tikus-tikus yang memperebutkan posisi ini, hanya kucing yang bisa membereskannya," demikian kalimat kampanye dalam akun Facebook Morris.

Lalu apa janji kampanye Morris? "Sama seperti yang ditawarkan kandidat lainnya, beristirahat dan bermain-main."

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com