Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uni Eropa Nyaris Kehilangan Investasi Langsung

Kompas.com - 14/06/2013, 21:08 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Krisis yang belum usai di Uni Eropa (UE) menyebabkan komunitas ekonomi itu nyaris kehilangan investasi langsung (FDI). Data statistik yang disampaikan UE sebagaimana warta Xinhua pada Jumat (14/6/2013) menunjukkan sampai dengan akhir 2012, FDI turun drastis.

Secara rinci, FDI dari seluruh dunia di UE berada di posisi 159 miliar euro atau setara dengan 211 miliar dollar AS sampai dengan 2012. Angka ini susut 30 persen ketimbang FDI pada 2011.

Hingga kini, AS adalah penyumbang terbesar di FDI UE. Kontribusinya mencapai 99 miliar dollar AS atau sekitar 60 persen dari total FDI. Berikutnya adalah Kanada dengan nilai investasi 19 miliar dollar euro. Pada posisi ketiga ada Jepang dengan nilai investasi 8 miliar dollar AS.

Sebaliknya, pada 2012, FDI dari UE ke seluruh dunia mencapai 171 miliar euro. FDI terbesar UE adalah pada sektor pembiayaan dengan porsi 18 miliar euro. Pada sektor ini, Kanada dan India masing-masing menyumbang 16 miliar euro. Sementara, AS dan China masing-masing 15 miliar euro dan 20 miliar euro.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com