Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kampanye Presiden Iran yang Bikin Macet

Kompas.com - 14/06/2013, 08:36 WIB

Suasana pemilu belum terasa di sepanjang jalan dari Bandara Internasional Imam Khomeini hingga masuk ke Teheran. Sepanjang 40 kilometer menuju Teheran, tak terlihat satu pun poster atau baliho para kandidat presiden. Sesekali hanya terlihat poster bergambar Pemimpin Revolusi Iran Imam Khomeini dan Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei.

Baru setelah memasuki kota Teheran, suasana kampanye mulai terasa. Poster dan baliho para kandidat presiden sudah sering terlihat di pinggir jalan. Memasuki kota dari arah selatan, saya melalui distrik berpenduduk masyarakat menengah ke bawah, seperti Abollaabad, Avvap, dan Jalan Cumhuriet.

Distrik-distrik itu disebut wilayah Teheran Selatan. Wilayah Teheran Selatan dikenal basis pendukung Revolusi Iran. Dari wilayah tersebut, Revolusi Iran tahun 1979 bergerak. Mausoleum Imam Khomeini juga berada di wilayah ini.

Masuk wilayah jantung kota Teheran, seperti Jalan Enghelab, Jalan Taleghani, dan jalan protokol Valiosr, semakin terasa sengitnya pertarungan dalam pemilu presiden Iran. Maklum, jalan-jalan tersebut menjadi pelintasan lalu lintas dari segala arah di Teheran.

Semua kandidat presiden berlomba mencari pengaruh dan menggelar kampanye di sekitar jalan-jalan tersebut.

Di Jalan Enghelab, terdapat Universitas Teheran dengan kampus yang besar. Banyak toko buku di daerah yang menjadi tempat kelahiran para tokoh intelektual Iran.

Di Jalan Taleghani, terdapat banyak hotel dan kantor pemerintah. Di Jalan Valiosr, terdapat banyak restoran, pertokoan, dan kafe. Jalan itu dikenal sebagai tempat nongkrong muda-mudi Iran.

Melintasi Jalan Enghelab sekitar pukul 17.00 waktu setempat, Rabu lalu, lalu lintas macet total. Di Jalan Valiosr pun, arus lalu lintas kendaraan tidaklah lebih baik.

Rupanya kemacetan lalu lintas saat itu bukan karena waktu pulang jam kerja, melainkan disebabkan para kandidat presiden sedang gencar menggelar kampanye.

”Hari-hari biasa lalu lintas tidak macet seperti ini, tetapi hari ini karena banyak kandidat presiden sedang menggelar kampanye di area ini,” kata Haikal, mahasiswa asal Indonesia di jurusan film dan seni di Universitas Teheran.

Berjalan kaki di sepanjang Jalan Taleghani dan Jalan Valiosr, saya sering disuguhi poster atau gambar salah satu kandidat presiden oleh para relawan dari tim sukses tiap kandidat.

Menempatkan relawan di berbagai jalan penting di Teheran untuk membagi-bagi poster dan baliho kandidat presiden kepada massa yang sedang berjalan di jalan tertentu merupakan salah satu bentuk kampanye yang populer di Iran.

Ketika saya sampai ke persimpangan jalan antara Jalan Enghelab dan Jalan Valiosr, tiba-tiba sejumlah relawan tim kampanye kandidat presiden dari kubu reformis Hassan Rohani menabur ribuan poster kecil di persimpangan jalan itu sehingga membuat kendaraan terhenti.

Dalam waktu sekejap saja, di persimpangan jalan tersebut, bertaburan ribuan poster bergambar Hassan Rohani. Sering pula terlihat di sepanjang jalan Valiosr, konvoi sepeda motor dari salah satu kandidat presiden. (Musthafa Abd Rahman, dari Teheran, Iran)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com