Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanya Soal Intim ke PM Australia, Penyiar Radio Diskors

Kompas.com - 14/06/2013, 06:17 WIB
Harry Bhaskara

Penulis

PERTH, KOMPAS.com — Seorang penyiar radio di Perth telah diskors setelah memprovokasi Perdana Menteri Julia Gillard dengan pertanyaan yang beraroma seks, tulis Sydney Morning Herald hari Jumat (14/6/2013). Penyiar ini, Howard Sattler, awalnya memberi peluang pada Gillard untuk menepis "mitos-mitos, rumor, lelucon yang tak patut serta soal-soal intim" pada wawancara yang agak melantur di radio 6PR milik Faifax hari Kamis (13/6/2013) petang.

"Tim seorang gay?" kata Sattler merujuk pada Tim Mathieson, pasangan Gillard. "Wah, absurd itu," jawab Gillard pendek. "Tapi Anda pernah dengar kan? Dia pasti gay, dia seorang penata rambut," kata Sattler, "Bukan saya yang bilang itu."            

Gillard menampik pertanyaan itu, tapi Sattler terus mencecar. "Anda bisa konfirmasi dia bukan (gay)?" tanya Sattler. "Oh Howard, jangan bercanda, tentu bukan," jawab Gillard dengan tetap tenang dan penuh kendali diri. "Howard, sadarlah, kita kan bicara soal Tim dan saya yang tinggal di lodge (rumah perdana menteri), kami adalah pasangan hidup, Anda tahu kan?" ujar Gillard.

Sepekan terakhir, Gillard menjadi bulan-bulanan media yang mengarah pada soal seks. Wawancara di atas diawali dengan Sattler yang bertanya mengapa Gillard tidak menikah. Atas pertanyaan itu, Gillard menjawab, "Saya kira kita bisa hidup dengan penuh cinta, penuh arti dan komitmen, tanpa harus menikah."

Segera sesudah wawancara tersebut Radio 6PR langsung menskors Sattler. "Howard Sattler telah bertanya pada Perdana Menteri Julia Gillard soal seksualitas pasangannya, Tim Mathieson," tulis Radio 6PR dalam siaran pers-nya. "Sattler diskors sampai penyelidikan internal tuntas."

Para pendengar wawancara radio tersebut marah dan bingung. "Ini wawancara yang membingungkan," Andrew Heslop menulis melalui Twitter. "Howard Sattler harus dipecat," tulis Patrick Avenell, "kalau perdana menterinya laki-laki, tak ada pertanyaan seperti itu." Sattler (67) dikenal sebagai penyiar veteran yang wawancaranya sering keluar dari rel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com