Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria Tertua di Dunia Wafat dalam Usia 116 Tahun

Kompas.com - 12/06/2013, 13:30 WIB

TOKYO, KOMPAS.com — Pria tertua di dunia, Jiroemon Kimura, dari Jepang meninggal. Ia telah menyaksikan perubahan dunia selama hampir tiga generasi.

Jiroemon Kimura lahir pada tahun 1897 dan tutup usia pada Rabu (12/6/2013) seperti yang dilaporkan kantor berita Kyodo News di Jepang.

Jiroemon, yang berasal dari Kyotango dekat Kyoto, pernah tercatat dalam Guinness Worlds Records sebagai menusia tertua yang masih hidup di dunia pada 2012, mengalahkan seorang perempuan di Amerika Serikat yang meninggal pada usia 115 tahun.

Namun, ia tidak berhasil menyabet rekor dunia sebagai manusia tertua karena saat ini rekornya masih dipegang perempuan Perancis, Jeanne Calment, yang meninggal pada usia 122 tahun.

Saat merayakan ulang tahunnya ke-116, Jiroemon mendapatkan hadiah spesial, yakni video berisi ucapan selamat ulang tahun dari Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe.

Jiroemon memiliki tujuh anak, 14 cucu, 25 cicit, dan 14 buyut. Semasa hidupnya, Jiroemon bekerja di kantor pos selama 40 tahun.

Setelah pensiun, ia menjadi petani hingga usia 90 tahun.

Usia panjang Jiroemon, juga 94 orang lainnya yang kini berusia 100 tahun, telah membuat kota Kyotango menjadi tempat penelitian untuk mencari tahu apa rahasia panjang umur para orang tua ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com