Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebuah Gedung Apartemen di Mumbai Runtuh

Kompas.com - 10/06/2013, 23:50 WIB

MUMBAI, KOMPAS.com — Sebuah gedung apartemen runtuh di kawasan Mahim, di pusat kota Mumbai, India, Senin (10/6/2013) malam. Sejumlah orang dikhawatirkan terjebak di dalam gedung yang ambruk itu.

"Operasi penyelamatan terus berlangsung. Kami belum tahu pasti jumlah orang yang ada di dalam gedung itu," kata seorang petugas pemadam kebakaran yang enggan disebutkan namanya.

Menurut situs resmi stasiun televisi NDTV, gedung apartemen itu memiliki sebuah ruang pamer mobil di lantai dasar. Sejumlah laporan menyebut gedung yang ambruk ini terdiri atas lima lantai.

Insiden ini terjadi hanya dua bulan setelah gedung bertingkat tujuh di pinggiran Mumbai ambruk dan menewaskan 74 orang.

Dari penyelidikan kepolisian, akhirnya dua orang perencana pembangunan gedung dan tujuh orang lain yang terkait tragedi itu ditahan.

Runtuhnya bangunan yang masih dalam proses pembangunan kerap terjadi di seluruh India. Insiden semacam ini memunculkan pertanyaan atas standar bangunan di India yang memang sangat membutuhkan bangunan permukiman seperti apartemen.

Namun, maraknya permintaan atas bangunan permukiman tidak dibarengi dengan pengawasan ketat sehingga korupsi dalam bentuk pemangkasan biaya pembangunan marak terjadi, yang ujungnya menurunkan kualitas standar keamanan gedung.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com