Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ungkap Rahasia Nuklir, Seorang Capres Iran Akan Dicoret

Kompas.com - 10/06/2013, 16:26 WIB

TEHERAN, KOMPAS.com — Salah seorang kandidat calon presiden Iran, Hassan Rohani, kemungkinan besar akan dicoret karena mengungkap "informasi rahasia" terkait program nuklir negeri itu. Demikian media massa Iran melaporkan, Senin (10/6/2013).

Dewan Penegak Revolusi Iran akan memutuskan apakah akan mendiskualifikasi Rohani menjelang pemungutan suara yang dijadwalkan akan digelar Jumat (14/6/2013).

Kantor berita Mehr, mengutip sumber yang tak ingin disebut namanya, mengabarkan, Rohani telah mengungkapkan informasi yang dianggap rahasia terkait program nuklir dalam sebuah debat capres di televisi.

Dalam debat itu, Rohani, yang adalah perunding masalah nuklir di masa Presiden Mohammad Khatami, mengkritik langkah keras yang diambil Pemerintah Iran terkait kebijakan program nuklir.

Di antara delapan kandidat presiden yang disahkan Dewan Penegak Revolusi, Rohani adalah kandidat dari kalangan moderat paling kuat yang diperbolehkan mencalonkan diri, sedangkan kandidat lainnya berlatar belakang garis keras dan konservatif.

Di antara para calon presiden terdapat perunding nuklir Iran Saeed Jalili, anggota parlemen Gholam Ali Haddad Adel, mantan Menteri Luar Negeri Ali Akbar Velayati, dan Wali Kota Teheran Bagher Qalibaf.

Semua kandidat ini adalah pendukung setia pemimpin spiritual Iran, Ayatollah Ali Khamenei.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com